Hehe......judul di atas lebih mirip sistem dan prosedur sebuah jawatan dalam memelihara dan mempertahankan kondisi prima sarana penunjang umum....lebih mirip PLN,TELKOM atau PJKA ya....
Rahasia bisnis modern terletak antara lain adalah kuatnya jaringan pemasaran dan jaringan pertemanan.....atau sering disebut networking relationship, bagaimana kita menjalin hubungan pertemanan baik pada suplier bahan baku, distributor bahkan end user adalah cermin dari bisnis yang kita jalankan....
semuanya tertumpah ruah dalam strategi tersebut di atas...
banyak rekan bisnis dari sebuah perusahaan merasa dikecewakan hanya karena operator telepon sedang tidak mood sewaktu menerima telepon, ini sungguh terjadi...
pada waktu saya masih ngantor dulu pernah ada satu suplier packaging yang ngambek menerima order pembuatan karton yang kita tenderkan...hanya karena teman saya waktu itu menerima telepon dengan terburu-buru, setelah melalui perundingan karena memang jadwal packing dah on date dan packing kebetulan kosong maka kami team dengan terpaksa merengek minta maaf untuk kesalahan team kami....
Begitu dengan bisnis kiranya bahwa bagaimana seorang mitra harus ditempatkan sebagai mitra bukan pesaing pada akhirnya.....
apabila anda membuat sebuah rancangan networking business yang mirip frenchise misalnya, anda tentunya menerapkan protect area, dimana semua aturan dan mekanismenya anda yang ngatur all in sampe keuntungan maupun kewajiban si frencisee ini ....harus anda hormati, dengan demikian meminimalisasi konflik dan kerugian akan benar2 terwujud....
sebabgai sampel aja...
anda telah menyepakati bahwa pasar A adalah milik mitra 1 dan anda akan menjamin tidak ada penjual lain produk anda di pasar A...sepakat!
tapi kemudian dengan bertambahnya waktu dan ternyata pasar A memiliki potensi sangat luar biasa sehingga setelah anda hitung cepatnya perputaran modal pada mitra 1 telah melampui perputaran pada toko anda karena memang letaknya kurang strategis.....
dengan tanpa merasa bersalah anda kemudian membuka toko persis di tengah-tengah pasar A tanpa memperdulikan mitra 1 ..nah satu kesalahan telah dimulai...
dengan adanya toko anda mitra menjadi merasa dibohongi atau serasa dicolok matanya ketika melotot...pasti ini tidak baik akibatnya
apapun alasannya.......
mungkin anda beranggapan bahwa toko anda tidak hanya menjual produk tersebut...
atau anda malah menganggap bahwa itu adalah persaingan bisnis biasa...
tapi pada kenyataanya berapa persen (%) mitra kita dengan pemahaman bisnis modern seperti itu?mereka pada umumnya masih menganut bisnis konvensional, bahkan tidak mengenal legowo nya hati ketika melihat pesaing baru....
intinya adalah koitmen untuk terus menjaga hubungan baik dengan mitra dan komitmen tinggi menjunjung nilai-nilai perjanjian jadi kerugian tidak menimpa pada kita....
toh apabila mitra lancar kita juga turut terangkat pendapatannya? tinggal kita melakukan pemeliharaan jaringan, wajar mereka mendapat lebih karena memang mereka yang kita andalkan sebagai ujung tombak, garda depan bisnis kita amin......
jangan berprinsip keserakahan dengan dalih peluang usaha...karena memang bukan peluang usaha apabila harus mengorbankan orang lain, tapi keserakahan (benci banget kayaknya ya....biasa donk! heheh....)
begitulah sahabat kiranya bagaimana sebuah komitmen adalah sebuah keharusan yang dijunjung tinggi....
percayalah sahabat orang yang pernah melukai saudaranya hanya karena dunia dia juga akan tidak mendapatkan apapun di dunia kecuali keserakahannya sendiri.....
Berhati-hatilah dengan apa yang pernah kita tetapkan.....
tetapkan hati mantapkan niat jalin ukhuwah.....
semoga menginspirasi amin...
salam happy and fun!
dedicated to all of business pioneers....
Selasa, 03 Februari 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar