Rabu, 17 Juni 2009

STRATEGIS TAK SELALU MANIS

"Pokoknya buka usaha kalo tempatnya strategis pasti bagus......"
Gitu kira-kira pikiran kita saat menghadapi situasi dimana kita harus memilih tempat usaha....

Waktu itu aku agak blank untuk urusan progress team rabbani kami, wah progress selanjutnya luar biasa gede....

Terus terang ini adalah langkah paling berani kami saat ini, menjadi frenchise dan agen tunggal di tangerang barat.....Impian kami terwujud...Alhamdulillah....Finally...
Tapi luar biasa efeknya bagi psikologis kami...hehehe...ini harus hebat dan maksimal, kerja keras

Suatu ketika aku sengaja berjalan kaki di seputaran ruko Citra Raya Tangerang...lama aku jalan-jalan muter-muter....ah belum ada inspirasi.

sampai aku tiba di tengah-tengah pusat Citra Raya, aiihh....ada yang aneh disitu...dulu pernah aku tau kalau di daerah itu ada sebuah apotek terkenal, luar biasa bagus, terkenal dan sangat ramai pasien karena selain apotek disitu juga membuka klinik praktek dokter, saya banyak tau karena sekitar tiga tahun yang lalu pernah periksa amandel...

Tapi sekarang, subhanallah apa yang terjadi, apotek itu sepi pasien, aku coba masuk ke dalam, banyak rak obat yang kosong, praktek dokter pun tinggal satu orang, mungkin pemiliknya, kotak tempat menyimpan rekam medis acak-acakan tak teratur, mungkin juga kartu berobatku ada diantara tumpukan usang itu....ah...menyedihkan bisnis ini..mati tak mau hidup segan ato kebalik ya..?

Sementara itu nun jauh di pojok pertokoan itu nampak ruko dengan cahaya lampu luar biasa terang (Waktu itu aku jalan-jalan malam hari) dengan banyak orang berkumpul, tukang parkir yang sibuk mengatur kendaraan, aku coba masuk, duuuh...adem banget, disambut sama resepsionis cantik yang langsung menanyakan keperluan berobat atau mau menebus obat.....ahhh....dua buah pelayanan publik (klinik) yang sangat berbeda, sistematis, teratur dan sangat rapi...pelayanannya pun tidak main-main... kelas wahid....

Aihh...rupanya inilah kompetitor apotek dan klinik pertama tadi....
Banyak sekali perbedaannya...
Yang satu sangat strategis, yang satu tidak, yang satu pemain lama, yang satu new comer
Tapi kenapa mereka sangat jauh berbeda?

Bisa ditebak, sangat mudah...pelayanan, dan manajemen yang bagus adalah motornya, menyusul kemudian team marketing yang kemudian melakukan riset handal....luar biasa.....

Saya jadi teringat dengan suami istri produsen sekaligus penemu BAMUT (Bantal Selimut) dari Bandung, mereka berdua ketika dikonfirmasi media kenapa tidak ikut membuka distro untuk mendisplay barang mereka di pusat kota Bandung menjawab....lebih enak memasarkan dengan gaya sendiri yaitu mendisplay di garasi rumahnya yang jauh dari lokasi strategis...karena menurut mereka orang akan mencari produk mereka dan orang yang datang jauh-jauh ke rumahnya 95% akan membeli produknya, ketimbang harus berjejal menyewa ruko di pusat kota....luar biasa....baru sadar kalau belajar dengan mengamati, lebih masuk ke otak dan dengan senang hati mengaplikasikannya...

Alhamdulillah....akhirnya setelah jalan-jalan, membuka sebuah mindset pemasaran yang lumayan bagus......Strategis tak selamanya manis...kuncinya kerja keras dan Inovatif.....

semoga terinspirasi
salam happy and fun!!

daus
owner of
www.rabbani-cikupa.blogspot.com
www.happyhanduk.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar