Sabtu, 04 April 2009

BELAJAR CS DARI TUKANG BUBUR....

hai sahabat, lama ga nulis neh, abis banyak yang harus diselesaikan dan diformat ulang, dari barang di toko, laporan bulanan, sampai SDM yang harus ditata ulang job desc-nya..biar ga kacau, yang penting SOP harus dijalankan dengan maksimal dan tanpa pilih kasih bagi masing-masing karyawan.....

Pagi tadi dateng ke toko, dari rumah dah kebayang apa2 aja yang harus dibenahi, ini itu...setelah utak-utik laporan bentar, perut kroncongan...minta sarapan, maklum istri hamil tua jadi ya...harus rela mencari sarapan untuk berdua, kebetulan saya ajak juga dia supaya bisa jalan2...karena dia dah masuk bulan cuti kantornya...(istri belum TDA) menuju ke sana....

Pikir2 kalau sarapan bubur (SABU) boleh juga...pikir saya, kemudian saya pun pergi ke seberang jalan dan bermaksud beli bubur....

Namanya pak Roso asalnya dari pemalang jawa tengah, pribadinya sederhana, ramah, murah senyum.....
saya adalah salah satu pelanggan beliau....bubur ayamnya biasa....ordinary bubur ayam...tapi apa yang membuat kami (pelanggannya) rela menunggu lama sebelum dia datang adalah keramah tamahannya menyambut pelanggan, dan itu berlangsung tiap pagi....tiap hari...

"silahkan duduk pak, mau bubur dibungkus atau makan di sini..?" itulah ucapannya menyambut pelanggan setia bubur ayamnya setiap pagi....luar biasa....bagi kami (pelanggan) itu adalah perlakuan istimewa, beliau mungkin menerapkan strategi ini untuk benar-benar menarik simpati pelanggannya atau bahkan mungkin memang sifat aslinya yang ramah...tapi itu adalah nilai plus dari gaya dia berjualan bubur...

Begitu setiap pagi kami ditanya, tanpa sedikitpun kami merasa jengah.....
menyenangkan pribadinya...
kadang disela menyiapkan porsi bubur untuk pelanggan dia bercerita tentang pribadi, agama, politik bahkan cita-cita untuk menyekolahkan anaknya ke luar negeri...
kami pelanggannya hanya manggut-manggut seakan paham bahwa suatu saat pak Roso akan mendapatkan mimpinya, karena beliau begitu yakin akan doa-doanya yang didengar Allah SWT...

Hal yang jarang terfikirkan olehku adalah melayani konsumen dan mendekatinya seperti yang dilakukan pak Roso, dia seakan tau betul kehidupan pribadi setiap pelanggannya, akibatnya kami merasa dekat dan diperhatikan spesial oleh beliau...dan rasanya buburnya serasa lebih enak dibandingkan dengan bubur ayam sebelah......

Luar biasa....itulah yang tanpa sadar aku peroleh dari pak Roso, Tempat jualannya sama, komoditinya sama, pelanggannya sama hasilnya berbeda karena pelayanannya Jauh berbeda.........

salam happy and Fun !

daus

OWNER OF
http://rabbani-cikupa.blogspot.com
http://happyhanduk.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar